Pada tanggal 26 Juli 2024, anggota tim peneliti internal pada skema KBK Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan observasi di SD Negeri Kepanjenlor 2, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar Jawa Timur. Tujuan diadakannya observasi ini yaitu guna mengetahui hal – hal yang berkaitan dengan 3 Big Sins of Education (3 Dosa Besar Pendidikan) yang berada di lingkungan sekolah dasar, khususnya wilayah Kota Blitar. Observasi ini berfokus pada pengetahuan siswa akan 3 Big Sins of Education  serta kejadian yang pernah di alami oleh siswa – siswi di SD Negeri Kepanjenlor 2 Kota Blitar yang berkaitan langsung dengan Perundungan, Pembullyan, serta perilaku kekerasan seksual yang berada di lingkungan sekolah.

Observasi ini dilakukan dengan cara penyebaran angket kuisioner kepada seluruh siswa – siswi SD Negeri Kepanjenlor 2 baik kelas rendah maupun kelas tinggi dengan responden sebanyak 131 siswa – siswi.  Tidak hanya itu, anggota peneliti juga melakukan wawancara kepada kepala sekolah dari SD Negeri Kepanjenlor 2  kaitannya tentang  realisasi dari pihak sekolah terhadap menurunkan kasus kekerasan yang berada di lingkungan sekolah.

Berdasarkan hasil wawancara yang kami peroleh dari Ibu Bintik Sudarwati, S.Pd bahwasannya SD Negeri Kepanjenlor 2 telah memiliki rencana program yang berkaitan dengan salah satu item dari 3 Big Sins of Education yang dimasukkan ke dalam program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), “Ini akan menjadi kolaborasi yang bagus jika program VINGERS ini bisa dilakukan selaras dengan P5 dari sekolah kami”, tandas beliau.

Hasil angket juga memperlihatkan bahwasannya siswa – siswi SD Negeri 2 Kepanjenlor masih banyak siswa yang kurang mengetahui tentang 3 Big Sins of Education serta masih banyaknya kejadian kekerasan yang dialami oleh siswa khususnya pada jenjang kelas rendah. Harapannya dengan adanya implementasi program VINGERS kedepannya, dapat mengedukasi warga sekolah SD Negeri 2 Kepanjenlor terkait pentingnya wawasan akan 3 Big Sins of Education.